PT.ALGA TEKNIK INDONESIA

General Kontraktor, Supplier Perdagangan Umum Barang & Jasa Pipe, Valve, Engineering, Safety, Mekanikal Dan Elektrikal


Alamat: Unit 18, 165 Suite Lt 4 Menara 165 Jl. TB Simatupang, Cilandak- Jakarta Selatan


Divisi Marketing : Kemanggisan Rawa Belong (Jalan palmerah Barat 6) no.25 RT.005 RW.015 palmerah Jakbar 11480


Kontak Email : sales@altekindo.co.id

Kontak Phone / whatsapp : 081313709313 / 085774557493

PROSEDUR HOT TAPPING MINYAK DAN GAS BUMI (MIGAS)

PROSEDUR HOT TAPPING MINYAK DAN GAS BUMI (MIGAS)

PROSEDUR HOT TAPPING MINYAK DAN GAS BUMI (MIGAS), PROSEDUR HOT TAPPING yang di Aprofal Dirgen Migas mengandung unsur diantaranya:
K3 :
a. rambu peringatan bahwa pekerjaan yang berlangsung dilokasi beresiko tinggi. b. Alat pemadam kebakaran harus tersedia dilokasi agar sewaktu-waktu dapat segera dipergunakan apabila terjadi bahaya kebakaran.

c.Pemeriksaan yang seksama dan teliti perlu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran gas pada pipa existing digunakan alat FID atau CGI, sehingga pelaksanaan Hot Tapping ini dapat dilakukan dengan aman dan lancar.

d.Seluruh peralatan pengelasan dan alat bor harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga pelaksanaan pekerjaan ini dapat berjalan baik dan lancar.

e.Koordinasi dengan pihak distrik dimana tempat Hot tapping dilakukan.

Peralatan Keselamatan Kerja 
a.Tabung Pemadam Kebakaran/Fire Extinguisher jenis kebakaran Gas
b.Kipas angin guna menjaga selalu tersedianya udara dalam lubang kerja.
c.Safety belt agar bisa menarik pekerja dari dalam lubang secepatnya apabila terjadi keadaan darurat.
d.Tangga darurat disiapkan agar pekerja yang ada dalam lokasi (lubang galian Hot Tapping) dapat segera keluar.
e.Mobil Ambulance disiapkan di lokasi untuk mengantisipasi terjadinya bahaya.

Peralatan Pelindung Diri (Apd)
a.Helm
b.Safety Shoes
c.Apron Las (jaket las)
d.Sarung tangan Las
e.Kedok las
f.Wear pack

Peralatan Tambahan
a.Generator
b.Pompa Air
c.Crane
d.Barikade

TANGGAP DARURAT
Koordinasi Lapangan Untuk menghadapi situasi darurat, maka langkah-langkah berikut dipersiapkan antara lain :

  • Penyediaan kendaraan yang dilengkapi dengan hand phone di lokasi pekerjaan.
  • Penyediaan mobil pemadam kebakaran atau fire hydrant secukupnya
  • Penyediaan kabupatenk P3K dan mobil ambulance serta tenaga paramedic di lokasi pekerjaan
  • Menentukan koordinator yang dapat bertanggung jawab di lokasi. Dalam pelaksanaan pekerjaan ini koordinator yang bertanggung jawab adalah Kontraktor Pelaksana dan bekerjasama dengan Ditjen Migas 
  • Evakuasi Siapkan Emergency Respon koordinasi tanggap darurat.Apabila terjadi kecelakaan yang menimpa salah satu atau beberapa pekerja maka korban harus segera dievakuasi/dibawa ke rumah sakit rujukkan terdekat dengan mobil ambulans. Apabila keadaan darurat terjadi oleh karena kebocoran gas, maka koordinator lapangan dengan alat komunikasi melakukan tindakan pencegahan penyebaran gas disekitar lokasi dengan cara :
  • Koordinasi dengan Distrik yang terkait
  • Koordinasi dengan pihak instasi terkait (Pihak Kepolisian, PMK, Ambulans, dan Rumah Sakit terdekat)

PERSONIL
Agar terlaksananya pekerjaan Hot Tapping dengan baik dan benar serta selamat maka dibutuhkan Personil yang bertanggung jawab antara lain yaitu:
1.Koordinator : 1 orang.
2.Petugas Stasiun Gas : 2 orang.
3.Team Survey : 2 orang.
4.Crew Kend. Pemadam Kebakaran : 6 orang.
5.Crew Kend. Storing : 2 orang.
6.Crew Kend. Ambulans / P3K : 3 orang.
7. Juru Las / Welder : 2 orang.
8.Fitter : 1 orang.
9.Helper : 4 orang.
10.Operator Hot Tapping Machine : 2 orang. Demikianlah Prosedur Hot Tapping ini kami buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dengan sebaik-baiknya.

Membantu PROSEDUR HOT TAPPING MINYAK DAN GAS BUMI (MIGAS) , anda bisa Menghubungi Kami :




Kontak : 

ALTEKINDO 
Alamat :
Unit 18, 165 Suite Lt 4 Menara 165 Jl. TB Simatupang, Cilandak- Jakarta Selatan

Divisi Marketing : 
Kemanggisan Rawa Belong no.25 palmerah Barat 6 Jakbar 11480.

Workshop
Jl.Kayu Manis 3 Pondok Cabe Tangerang Selatan

Email Sales : sales@altekindo.co.id
Kontak Phone : 081313709313
 Whats App : 085774557493


Sekilas tentang pekerjaan Kami :
Jasa Pekerjaan Altekindo
General Kontraktor, Supplier Perdagangan Umum Barang & Jasa, Pipe Valve, Enginering Service, Safety, Mekanikal dan Elektrikal , One Stop Supply for Hot Tapping and Plugging Operations, Engineering & Design Line Stop Operations, In Service Welding, Supply Material & Construction, Leak Repair Solution, Tapping Machine Maintenance Services, Hydro Test, Quick Opening Closure, Online Greasing.

Instalasi Mekanikal dan Elektrikal
- Jasa Pelaksana Kontruksi Pemasangan Pipa Gas dalam Bangunan
- Jasa Pelaksana Instalasi thermal,bertekanan,minyak,gas,geothermal (pekerjaan rekayasa)
- Jasa pelaksana instalasi fasilitas produksi, penyimpanan minyak dan gas (pekerjaan Rekayasa)

Bangunan Sipil
Jasa Pelaksana Untuk Kontruksi Perpipaan Minyak dan Gas Jarak Jauh

Supply Material & Supply Man power :
- Sub bidangnya Pengadaan Pipa valve dan sambungan
- Pengadaan Jasa Tenaga Kerja
- Pengadaan Alat angkutan Darat
- Mekanikal electrikal

Barang/Jasa Dagangan Utama
- Alat/Peralatan suku cadang Teknik Mekanikal, Elektrikal,Kontruksi Perpipaan,Telekomunikasi, Listrik,gas,pertambangan,barang elektronik, komputer,hasil barang percetakan, ATK, bahan bangunan, instrumentasi
- Jasa Service dan Jasa lainnya

Hot Tapping
Hot Tapping adalah salah satu teknik penyambungan pipa dengan pencabangan, dimana pada waktu pelaksanaan penyambungan, aliran gas pada pipa eksisting tidak perlu dihentikan (ONLINE). Poisisi pencabangan dari pada sambungan pipa boleh terpasang secara tegak lurus atau mendatar, atau juga secara menyudut dengan kemiringan tertentu, hal ini disesuaikan dengan kondisi disekitar pipa eksisting tersebut.  Dalam hal ini secara garis besar hot tapping terdiri dari tiga pekerjaan utama yaitu ; material hot tapping, welding fitting dan bor tapping. Mesin bor yang digunakan dalam pekerjaan ini adalah khusus dan diimport dari USA.   
Di Indonesia teknik hot tapping ini mulai populer sekitar tahun 1995 dan yang mempunyai mesin Bor Tapping secara swasta belum banyak ada beberapa perusahaan diantaranya : PT. Lekom Maras, PT. Tonsco International, PT. Atisima Mandiri Sejati, PT. Matsuma, PT. Farrel Internusa Pratama, sedangkan yang lainnya adalah perusahaan BUMN seperti : PT. Perusahaan Gas Negara, PT. Pertamina (Persero) dan yang lainnya.   

Di perusahaan-perusahaan oil dan gas untuk memudahkan dalam penambahan ekstension, service, operation maupun maintenance sudah banyak yang menggunakan metode yang kami biasa menyebutnya dengan istilah Hot Tapping. Penerapan teknik hot tapping untuk saat ini banyak juga diterapkan pada perusahaan-perusahaan diluar oil dan gas seperti industri, hotel/restaurant, perusahaan air minum dan lainnya yang basic operationnya Utility (Mekanikal). 

Cold Cutting and Beveling
Adalah pekerjaan pemotongan pipa existing, Dimana Tie-in adalah pekerjaan penyambungan rangkaian pipa yang baru diinstall dengan pipa existing (pipa lama) yang salah satu pekerjaan beresiko tinggi di dalam pekerjaan konstruksi migas karena berhubungan dengan pipa existing yang masih bertekanan/ mengandung cairan/ gas. Waktu pelaksanaan tie-in bisa dengan shutdown partial (hanya line/ equipment yang berhubungan dengan line tersebut yang dimatikan/ diblock), total shutdown (semua proses dimatikan untuk pelaksanaan maintenance sekaligus) ataupun tie-in tanpa shutdown (hot-tap).

Sebelum proses pembukaan existing flange ataupun pemotongan pipa existing beberapa hal harus dipersiapkan bersama dengan pihak operator produksi (FO/ field operation) diantaranya adalah melakukan proses pembersihan minyak/ gas (oleh operator) dengan melakukan flushing (pembersihan dengan mengisi line existing dengan air sampai pipa existing bersih). Setelah itu titik2 flange yang berhubungan dengan tie-in point diisolasi/ diblock dengan menggunakan blind untuk menghindari adanya cairan/ gas yang masuk ketika proses tie-in (sebelum membuka baut existing biasanya dilakukan hot bolting/ mengganti/ melumasi baut existing dengan cairan supaya karat/ cat hilang sehingga baut mudah untuk dibuka).

Bolt Tightening
Suatu pekerjaan Untuk mengencangkan baut (bolt tighten) dalam sambungan pipe line, terlepas dari beberapa factor antara lain: 
• Material yang akan diikat (tight) seperti cylinder head; flanges; structure dan lainnya
• Fungsinya ; untuk mengatasi kebocoran; kekuatan mechanical; atau lainnya
• Beban dan temperatur yang bekerja pada bolt tersebut
• Dan mungkin ada factor lain yang harus diperhitungkan sesuai dengan kebutuhannya.

Hydrotest Pigging
Secara arti nya saja kita dapat mengetahui bahwa hydrotest atau singkatan dari Hydrostatic test ialah pengujian dengan tekanan tertentu dengan menggunakan media air sebagai pengujinya untuk mengetahui kekuatan suatu material dan untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran atau tidak (biasa nya dilakukan pada benda - benda yang telah disambung kan dengan sistem pengelasan).

Hydrotest bertujuan untuk memverifikasi kekuatan mekanik pipa. Hydrotest dilakukan dengan memberi tekanan internal kepada pipa dan mempertahankannya selama beberapa waktu untuk memeriksa apakah ada penurunan tekanan (pressure drop). Jika terjadi penurunan tekanan pada rentang waktu tersebut, dapat diasumsikan ada kebocoran pipa. Standar seperti ASME B31.4, ASME B31.8, dan API RP 1110 memberi petunjuk bagaimana melakukan hydrotest untuk pipa gas dan liquid.

Blasting & Painting
Sandblasting adalah rangkaian kegiatan surface preparation dengan cara menembakkan partikel padat dengan ukuran Grit 18 – 40 seperti pasir silica, steel grit atau garnet ke suatu permukaan dengan tekanan tinggi sehingga terjadi tumbukkan dan gesekan.

Keuntungan dari Sandblasting :
Membersihkan permukaan material (besi) dari kontaminasi seperti karat, minyak, cat, garam dan lainnya. Membuat profile pada permukaan metal sehingga cat lebih melekat. Membuka pori-pori logam sehingga cat dapat lebih meresap, keuntungan ini tidak mungkin didapat hanya dengan cara di-ampelas

Jasa Wetblasting
Wetblasting adalah proses yang sama dengan Sandblasting, bedanya ditambahkan campuran air khusus yang sudah ditambahkan bahan anti karat, kedalam pasir agar tidak menimbulkan percikan api dan debu pasir yang dapat menganggu proses produksi. Wetblasting biasa diaplikasikan untuk Area Khusus yang sangat sensitif terhadap percikan api dan atau debu, dan juga di ruang produksi yang tidak memungkinkan adanya penghentian proses produksi sesaat. Secara prinsip kerja sama seperti Dry Blasting atau Sandblasting biasa.

Jasa Painting Coating
Kegiatan painting atau coating merupakan kegiatan pelapisan logam dengan mengaplikasikan cat tertentu, disesuaikan dengan kebutuhan dan dimana barang tersebut akan dipasang. Apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik proses painting / coating ? Simak catatan berikut :

Jasa Floor Coating
Floor Coating yang juga dikenal dengan istilah Epoxy Flooring adalah kegiatan pengecatan menggunakan bahan cat khusus untuk melindungi lantai, agar kuat dan tahan lama, dan mengurangi resiko kerusakan akibat gesekan. Dengan floor coating selain ketahanan lantai bertambah, membuat lantai lebih mudah dibersihkan dan lebih indah.

Surface Preparation
Selain diaplikasikan sebagai perlindungan terhadap korosi, coating juga berfungsi untuk memperindah. Sebagai pelindung, coating harus diaplikasikan dengan benar. Surface preparation (persiapan permukaan) sangat penting untuk mencapai aplikasi coating yang berhasil.

Surface preparation adalah membersihkan dan mempersiapkan permukaan sebelum dilakukan aplikasi coating. Ini melibatkan :

Cleaning the surface : menyingkirkan kotoran, oli, grease, cat lama, karat, bekas pengelasan dan kontaminasi yang lain.

Repair : menghilangkan atau memperbaiki permukaan sehabis pabrikasi

Roughening the surface : mengkasarkan permukaan dengan tujuan agar cat dapat lebih merekat.

Proteksi Katodik (Cathodic Protection)
Proteksi Katodik (Cathodic Protection) adalah suatu metode untuk melindungi struktur logam dari korosi. Logam dengan struktur yang dibuat yang dicontohkan biasanya baja yang rentan terhadap korosi melalui reaksi oksidasi ketika mereka sering terjadi kontak dengan air.

Insulation Jacketing Hot And Cold Pipe Valve
Insulation Jacketing Hot And Cold Pipe Valve , Pembungkus pipa Panas Atau Dingin, Menggunakan material tahan panas dan jacketing allumunium foil. Hot And Cold Insulation ( Isolasi ) Rock Wool, Glass Wool, Refractory, Ceramic Fiber, Dll, insulasi pipa steam, insulasi pipa chiller, insulasi tanki/vessel, insulasi boiler, insulasi kiln, insulasi refrigator, insulasi atap, insulasi ruangan genset, ducting AC sentral, dan lain-lain. 

Creat By : Java Group

Semoga tulisan atau artikel PROSEDUR HOT TAPPING MINYAK DAN GAS BUMI (MIGAS) yang dibuat Kami,bermanfaat bagi anda semua, jangan kapok untuk membaca artikel selanjutnya, maaf apabila artikel  ini banyak kekurang dan kesalahan baik Kata dalam tulisan maupun bahasan artikel ,maklum dalam tahap belajar , salam sukses , dan terima kasih dari Java's Group dan Team blog ALTEKINDO




Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Abimanyu | Mas Template
Copyright © 2011. ALTEKINDO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger